Minggu, 03 Juni 2012

Tugas Survey

Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan 2011/2012 di Fakultas Psikologi Univeritas Sumatera Utara, saya akan mengadakan penelitian mengenai Kwik Survey yang sedang saya gunakan untuk membantu angket saya. Yang ingin saya teliti adalah bermanfaatkah website Kwik Survey bagi mahasiswa-mahasiswa yang memerlukan pembuatan angket. Hal ini juga berhubungan dengan mata kuliah Psikologi Pendidikan yang sedang saya ambil. Oleh karena itu, saya menyediakan 8 pertanyaan yang berkaitan dengan topik saya. Dan hasil dari survey saya dapat dilihat sebagai berikut

1. Pembuatan angket / skala sangat memudahkan survey
 Tidak sesuai  0 
 0.00% 
 Netral  9 

 15.79% 
 Sesuai  48 

 84.21% 

2. Pengetahuan saya tentang teknologi dan internet bertambah setelah mata kuliah pendidikan
 Tidak sesuai  1 

 1.75% 
 Netral  6 

 10.53% 
 Sesuai  50 

 87.72% 

3. Anak psikologi perlu belajar menggunakan website Kwik Survey
 Tidak sesuai  0 
 0.00% 
 Netral  6 

 10.53% 
 Sesuai  51 

 89.47% 
  
4. Website Kwik Survey sangat membantu dalam pembelajaran online
 Tidak sesuai  1 

 1.75% 
 Netral  13 

 22.81% 
 sesuai  43 

 75.44% 

5. Pembuatan angket secara online memudahkan saya dalam proses pengerjaan
 Tidak sesuai  0 
 0.00% 
 Netral  12 

 21.43% 
 Sesuai  44 

 78.57% 

6. Saya merasa senang telah diajarkan cara membuat angket secara online
 Tidak sesuai  0 
 0.00% 
 Netral  7 

 12.28% 
 Sesuai  50 

 87.72% 

7. Mata kuliah pendidikan mengajarkan saya penggunaan teknologi yang selayaknya dipelajari
 Tidak sesuai  0 
 0.00% 
 Netral  8 

 14.29% 
 Sesuai  48 

 85.71% 

8. Saya merasa website Kwik Survey ini perlu disebarluaskan untuk pengguna yang membutuhkan
 Tidak sesuai  0 
 0.00% 
 Netral  7 

 12.28% 
 Sesuai  50 

 87.72% 

Data diatas diisi oleh 57 orang secara complete, sedangkan 3 orang lagi secara incomplete. Adapun hasil dan kesimpulan yang dapat saya tarik berdasarkan survey saya adalah:
  • Survey online (Kwik Survey) ini sangat membantu dalam pembuatan angket maupun perhitungan. Sebagian besar peserta setuju bahwa survey online ini perlu disebarluaskan untuk pengguna yang membutuhkan 
  • Sebagian besar peserta merasa mendapatkan sesuatu yang baru tentang kegunaan website ini untuk keperluan perkuliahan dan merasa senang telah diajari cara penggunaanya
  • Sebagian besar peserta merasa bahwa mata kuliah pendidikan mengajarkan banyak cara mengoperasikan teknologi, salah satunya yaitu penggunaan website Kwik Survey ini
  • Angket memegang peranan penting dalam proses survey

Testimonial saya pribadi: 

Saya merasa senang saat diajarkan tentang cara penggunaan Kwik Survey ini. Setidaknya hal ini dapat membantu saya memperkaya pengetahuan saya, dalam bidang teknologi maupun pendidikan. Survey online ini sangat membantu sekali, dibandingkan jika kita harus mem-print begitu banyak kertas dan menghitung sendiri persentase dalam angket tersebut. Saya merupakan orang yang tidak begitu melek akan teknologi, oleh karena itu saya sedikit kebingungan dalam proses pembuatan maupun pemrosesan hasil ke dalam pdf. Namun akhirnya saya bisa setelah mencoba sendiri dan juga bertanya-tanya. Selain itu, saya juga mengisi survey dari teman-teman yang lain dan saya senang akan itu. Setidaknya kami dapat saling bantu membantu dalam mencapai suatu tujuan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar